Saturday, February 14, 2009

Invisalign Sangat Bening & Presisi


Dengan teknologi aligner, Invisalign mampu merevisi perubahan struktur gigi menjadi lebih presisi & sempurna. Selain itu wujudnya transparan tanpa penggunaan metal atau bracket yg kerap memberikan iritasi, & sangat mudah dibersihkan, membuat Invisalign sangat nyaman digunakan & tidak ada yg akan mengira Anda sedang menggunakannya, "kata Dr. Wayne Hickory, Clinical Director dari PT Smile International, Indonesia - salah satu dokter gigi pertama di Amerika yg menggunakan Invisalign sejak 10 th yg lalu & sudah menangani lebih dari 1500 kasus.

1. Apa yg melatarbelakangi kemunculan Invisalign? Kapan pembuatan & bagaimana proses penemuannya?
Pada awalnya Invisalign ditemukan oleh mahasiswa bisnis Stanford University. Saat itu dia mencoba membuat cetakan gigi atau yg disebut aligners bening sebagai alternatif utk memperbaiki struktur gigi dengan baik tanpa rasa menderita saat menggunakannya. Setelah beberapa hari, terjadi perubahan yg signifikan pada struktur giginya ke posisi yg lebih sempurna. Akhirnya dia mengembangkan model aligners ini dengan para dokter gigi ternama dengan bantuan kecanggihan teknologi komputer.

2. Jadi apakah Invisalign itu?
Invisalign adalah sebuah serial perawatan yg menggunakan cetakan gigi yg disebut sebagai aligners, utk mendapatkan perubahan struktur gigi menjadi lebih baik. Aligners ini akan membuat struktur gigi menjadi kembali lebih baik dengan tidak merusak keindahan & memberi rasa nyaman pada pemakainya, karena bentuknya yg transparan.

3. Bagaimana tahapan perawatan?
Hal yg pertama harus dilakukan adalah mencari dokter gigi yg telah menjalani kursus dari Invisalign & bersertifikat. Lakukan konsultasi mengenai permasalahan struktur gigi & dokter gigi akan memberikan pertimbangan apa Anda sesuai utk menggunakan Invisalign. Selanjutnya setelah disepakati akan melakukan perawatan, dokter gigi akan mencetak gigi Anda dengan bahan khusus yg akan dikirimkan ke Amerika. Selanjutnya cetakan dibuat oleh Align Technology & dikirim balik ke Indonesia. Setiap 2 minggu Anda harus menggantinya dengan aligners yg baru.

4. Bagaimana caranya aligners ini mampu menggeser atau mengubah struktur gigi?
Setiap align memiliki kemampuan kecil utk berpartisipasi dalam mendukung perbaikan struktur gigi, yaitu sekitar 1/4 milimeter utk setiap aligner. Walaupun perlahan, namun gerakannya sangat akurat utk mengembalikan struktur gigi dalam satu kesatuan kerjasama.

5. Apakah ada efek samping atau resiko?
Relatif tidak ada efek samping, karena Invisalign bekerja secara lembut, perlahan, namun presisi. Pasien biasanya menyatakan bahwa mereka tidak merasakan kenyamanan terganggu, dibandingkan dengan menggunakan kawat gigi. Selain itu, karena mudah dilepaskan, gigi dapat dijaga kebersihannya & terhindar dari kuman.

6. Bagaimana cara merawat aligners?
Aligners akan bekerja maksimal jika digunakan sebanyak 20 - 22 jam per hari. Saat makan lepaskan aligners. Bersihkan dengan menggosoknya. Utk menyimpan, akan diberikan kotak kecil. Jika aligners rusak atau hilang sebelum waktunya, Anda bisa membuatnya ulang.

7. Setelah melakukan perawatan, apakah pasien harus melakukannya lagi beberapa tahun mendatang?
Jika berkomitmen dengan baik dalam perawatannya, pasien tidak perlu melakukannya lagi. Biasanya setelah aligners dilepas, pasien akan diberi retainers yg akan berfungsi menjaga gigi tetap stabil dalam kondisi barunya. Banyak pasien yg menggunakan retainers saat tidur selama 1 th atau 2 th, baru kemudian melepaskannya.

8. Berapa lama hasilnya?
Sekitar 1 th. Secara umum, Invisalign bekerja lebih cepat daripada kawat gigi. Hal ini dikarenakan setiap pergerakan direncanakan melalui model di komputer & karenanya dapat terhindarkan dari kesalahan.

9. Aligners terbuat dari bahan apa?
Aligners terbuat dari clear vinyl flexible plastic. Diproduksi di 3 negara dengan standar yg sama & presisi, cetakan yg telah dibuat akan di-scan menggunakan x-ray & selanjutnya dikirimkan ke California utk pembuatan model 3 dimensi dengan menggunakan komputer. Lalu, data ini akan dikirimkan ke bagian perawatan virtual di Costa Rica & kemudian model 3 dimensi ini akan dibuat dengan waktu pengerjaan 2 minggu. Dokter gigi Anda dapat mengontrolnya dengan mengecek melalui internet.

10. Apakah Invisalign aman utk wanita hamil?
Tidak ada masalah dengan penggunaan Invisalign selama hamil. Hanya yg perlu dihindari adalah saat melakukan pemotretan rontgen panoramic atau membuat film x-ray struktur gigi, pastikan diri bahwa Anda tidak hamil.

11. Perawatan Invisalign bisa dilakukan di mana saja?
Kunjungi dokter gigi yg bersertifikat. Saat ini sudah ada 25 dokter gigi yg direkomendasikan. Mereka berada di Jakarta, Surabaya, & Bali. (Tambahan: drg. Linus certified Invisalign di Jakarta)



(Sumber: Majalah Dewi)