Friday, May 15, 2009

Artikel di Majalah Prevention Indonesia Mei 2009 oleh Drg. Linus Boekitwetan


Gigi adalah gambaran kebersihan seseorang. Gigi putih dan sehat sangat penting untuk kesehatan dan penampilan kita. Menjaga kesehatan mulut dan gigi tak cukup dengan menyikat gigi sehari dua kali atau berkumur dengan obat kumur. Drg. Linus Boekitwetan, M.Kes (Ort), salah satu dewan penasihat Prevention, menyarankan kita melakukan pemeriksaan rutin dan pembersihan karang gigi setiap enam bulan sekali.

* YANG DIPERIKSA... kondisi gigi, jaringan gusi, dan rongga mulut secara keseluruhan. Jika kita pernah menambal gigi, tambalan juga akan diperiksa. Begitu juga jika gigi kita pernah patah.
* PROSEDURNYA...
1. BUATLAH PERJANJIAN dulu dengan dokter gigi.
2. PADA WAKTU DATANG, dokter akan menanyakan kondisi kesehatan kita. Misalnya, apakah kita menderita penyakit seperti diabetes atau alergi tertentu. Pasalnya, darah penderita diabetes sulit membeku. Sedangkan untuk penderita alergi, dokter harus berhati-hati memberikan obat.
3. LANGSUNG DILANJUTKAN dengan pemeriksaan gigi dan seluruh rongga mulut. Sebagai pasien, kita tinggal duduk dan membuka mulut, lalu dokter memeriksa dengan seksama, menggunakan alat bernama kaca mulut. Ada juga dokter yang menggunakan alat lebih canggih seperti intra oral kamera.
4. SETELAHNYA, DOKTER MELAKUKAN pembersihan karang gigi.
5. JIKA HASIL PEMERIKSAAN kurang memuaskan atau ada indikasi penyakit tertentu, dokter akan melakukan rontgen gigi. Atau berkonsultasi dengan dokter ahli lainnya untuk menentukan tindakan lanjutan yang diperlukan.
6. PEMERIKSAAN SELESAI. Hasilnya langsung keluar.

* MANFAATNYA... mencegah resiko penyakit radang gusi, gigi berlubang, bau mulut, kanker mulut, dan penyakit lainnya.