Friday, July 15, 2011

37 Groom’s Preparation Guidelines di Majalah Le Mariage (Juli - September 2011)


Teeth & Lips

• Perbanyak minum air putih minimal delapan gelas sehari untuk menghindari dehidrasi yang bisa membuat bibir Anda kering. Untuk menjaga kelembaban bibir, ambil sedikit madu dan oleskan pada bibir Anda. Lakukan rutinitas ini sesekali di rumah seminggu sebelum hari H.
• Mendapatkan senyum indah dengan gigi yang bersih bukanlah hal yang mudah. Butuh perawatan yang teratur dan kedisiplinan tinggi untuk menjaga kesehatan gigi. Sikatlah gigi setiap selesai makan atau minimal dua kali sehari menggunakan sikat gigi yang sesuai dengan bentuk rahang Anda. Pastikan sikat gigi Anda memiliki bulu yang lembut untuk mengurangi terjadinya abrasi gigi atau menurunnya posisi gusi Anda.
• Kunjungilah dokter gigi minimal enam bulan sebelum hari H untuk melakukan pengecekan gigi secara keseluruhan. Apabila ada gigi berlubang, tambal segera gigi tersebut agar tidak menimbulkan bau mulut dan mengurangi estetika gigi karena biasanya gigi yang berlubang akan berwarna kehitaman. Tak hanya itu, sisa makanan bisa menyebabkan pembentukan karang gigi. Lakukan pembersihan karang gigi sebulan sebelum hari H.
• Kurangi asupan rokok, kopi, teh, maupun makanan manis dan asam karena akan membuat gigi Anda tampak kekuningan, kusam dan sulit untuk dibersihkan. Untuk mengatasi noda kekuningan pada gigi, coba lakukan pemutihan gigi ke dokter gigi ataupun klinik kecantikan gigi. Lakukan minimal seminggu sebelum hari H supaya warna putih gigi tetap bertahan dan gigi terlihat indah.
• Jika Anda memiliki susunan gigi yang tidak teratur, cobalah untuk mengikuti prosedur perawatan perataan gigi (ortodontik). Namun menggunakan kawat gigi bukanlah sebuah ide cemerlang, apalagi jika Anda harus memakainya saat hari H. Selain sering menimbulkan iritasi, kawat gigi juga membuat tampilan gigi kurang menarik. Tak perlu khawatir, kini sudah ada teknologi perawatan untuk merapikan gigi dengan menggunakan serial aligners transparan yang disebut Invisalign. Aligners yang terbuat dari clear vinyl flexible plastic akan membuat susunan gigi kembali rapi tanpa merusak estetika gigi Anda, bahkan sangat nyaman, mudah digunakan dan tidak akan menimbulkan alergi, sariawan, luka maupun rasa sakit dan plak. karena bisa dilepaskan sewaktu Anda makan maupun menyikat gigi.
• Karena proses pemerataan gigi setiap orang berbeda, maka akan lebih baik jika Anda melakukan perawatan Invisalign minimal enam bulan sebelum hari H agar gigi sudah terlihat lebih rapi. Ingatlah untuk selalu menganti aligners setiap dua minggu sekali. Tak hanya itu, aligners akan bekerja dengan maksimal jika digunakan sebanyak 20-22 jam per hari. Pahami dengan baik bahwa proses perawatan yang disiplin, bisa mempercepat perataan gigi Anda.
• Selesaikan perawatan ortodontik Anda hingga gigi benar-benar rapi. Jika diperlukan, maksimalkan perawatan perataan gigi Anda di akhir dengan melakukan cosmetic countouring agar gigi lebih tersusun sempurna.

“Yang jelas teknik ini lebih praktis. Membersihkan gigi jadi lebih mudah karena aligners yang diberikan lebih mudah dipakai dan dilepas. Pastinya tidak akan mengganggu penampilan karena wujudnya yang transparan, bahkan orang lain bisa tidak sadar jika Anda sedang memakainya,” jelas salah satu dokter gigi pemegang sertifikat Invisalign dari Amerika Serikat, drg. Linus Boekitwetan, M.Kes (Ort).

Untuk tips hair, skin & face, body, suit, make-up, bisa anda baca di majalah