Tuesday, March 4, 2014

Penting Rawat Gigi Ibu Hamil dan Balita di Majalah Sang Buah Hati edisi Feb - Mar 2014



TIPS KESEHATAN GIGI untuk IBU HAMIL

1.      Segera periksa gigi dan gusi ke dokter. Jangan lupa beritahu bahwa Anda sedang hamil, ini berkaitan dengan obat-obatan yang diberikan jika diperlukan atau perawatan yang perlu ditunda. Juga pada waktu rontgen, harus menggunakan lead apron (pelindung dari timbal) jika memang terpaksa harus di-rontgen.
2.      Rajin sikat gigi minimal 2x sehari dengan durasi minimal 2 menit. Jangan lupa flossing menggunakan dental floss (benang gigi) untuk membersihkan sisa makanan yang menyelip di antara gigi.
3.      Jika terdapat morning sickness, jangan langsung menyikat gigi setelah muntah karena asam lambung yang berkontak dengan gigi dapat menyebabkan erosi pada email. Jadi setelah muntah sebaiknya kumur-kumur dahulu dengan air putih
4.      Jaga asupan gizi, terutama makanan yg mengandung vitamin A,C, D, kalsium, fosfor. Kurangi makanan yg mengandung gula dan asam karena berpotensi merusak gigi
5.      Pencabutan gigi pada triwulan 1 kehamilan sebaiknya dihindari, karena dapat mengakibatkan reaksi terhadap janin akibat obat anestesi dan kontraksi karena pencabutan.

TIPS MENJAGA KESEHATAN GIGI ANAK

1.     Bersihkan gigi anak Anda dengan kain kasa atau sikat gigi 2 hari sekali, pagi setelah makan dan malam sebelum tidur. Gunakan pasta gigi tanpa fluoride, jika anak Anda belum bisa meludah dengan baik. 
2.     Ajak anak cek rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sampai 1 tahun sekali. Jika gigi anak Anda tidak ada masalah tidak apa-apa, karena perkenalan dengan alat-alat dan dokter gigi akan membuat anak terbiasa sehingga tidak takut ke dokter gigi sampai dewasa nanti. 
3.     Pada malam hari sebisa mungkin sebelum tidur berikan saja air putih.
4.     Batasi makanan dan minuman yang manis seperti coklat dan permen.
5.     Jika lubang pada email dan dentin bisa langsung ditambal, untuk lubang yang sudah mencapai pulpa perlu perawatan lebih lanjut.