Thursday, May 17, 2018

Agar Tidak Bau Mulut Saat Puasa, Ini Solusinya di Trubus.id 17 Mei 2018



Trubus.id --Trubus Mania, jangan menjadikan puasa sebagai alasan bagi kalian untuk tidak memperhatikan kesehatan gigi dan mulut, ya! Hal normal ketika puasa, mulut kita mengeluarkan bau tidak sedap yang khas karena memang produksi air liur berkurang, menyebabkan mulut kering.

Agar tidak bau mulut ketika berpuasa, drg. Linus Boekitwetan, M.Kes yang berpraktik di Linus Boekitwetan Dental Care, Jakarta Barat ini memberikan solusi tepat buat Trubus Mania agar tidak bau mulut.

1. Sikat gigi secara teratur sehari 2 kali dengan odol yang mengandung fluoride, setelah makan pagi dan malam sebelum tidur. Setelah itu, gunakan dental floss atau benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan di antara sela gigi.

2. Jangan lupa membersihkan permukaan lidah, terutama di bagian belakang lidah karena biasanya, di sana tempat banyak bakteri berkumpul.

3. Selalu melepas gigi palsu lepasan Anda sebelum tidur. Bersihkan dengan baik sebelum dipakai kembali keesokan harinya.

4. Jika ingin menggunakan obat kumur, sebaiknya yang non alkohol. Obat kumur yang mengandung alkohol dapat menyebabkan rongga mulut menjadi lebih kering.

5. Perbanyak minum air putih untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan kelembapan rongga mulut agar tidak kering.

6. Konsumsi makanan sehat, hindari rokok dan alkohol.

7. Cek kesehatan gigi dan mulut secara rutin ke dokter gigi setiap 6 hingga 12 bulan sekali. Selain pemeriksaan rutin, jangan lupa membersihkan plak dan karang gigi.

8. Cek kesehatan keseluruhan tubuh Anda secara berkala untuk memastikan tidak ada penyakit sistemik yang menyebabkan bau mulut. Pastikan jika obat-obatan yang dikonsumsi tidak menyebabkan berkurangnya produksi kelenjar air liur.

Bagaimana Trubus Mania, sudah tahu kan? So, selamat menjalankan ibadah puasa ya. Tentunya, mulut kalian sudah tidak bau lagi kan?

https://ramadan.trubus.id/baca/10827/agar-tidak-bau-mulut-saat-puasa-ini-solusinya