Thursday, May 17, 2018

Terungkap, Penyebab Bau Mulut Saat Puasa di Trubus.id 17 Mei 2018



Trubus.id --Trubus Mania, kalian puasa enggak? Pastinya kan? Tidak sekadar menahan lapar, haus serta emosi saja loh, kalian yang berpuasa harus tetap memperhatikan kesehatan mulut dan gigi agar tidak bau. Jangan sampai teman kalian menutup hidungnya ketika sedang berbicara dengan kalian.

Dikatakan drg. Linus Boekitwetan, M.Kes, ada empat faktor penyebab bau mulut. Kebersihan gigi dan mulut yang tidak baik merupakan penyebab utama bau mulut.

“Sisa-sisa makanan yang menumpuk di permukaan lidah, sela-sela di antara gigi, lubang gigi yang tidak ditambal, gigi palsu yang tidak dibersihkan ini merupakan tempat bagi bakteri untuk berkembang biak. Bakteri penyebab bau mulut biasanya bakteri anaerob gram negatif yang melepaskan zat sulfur, dan zat lain, di antaranya Prevotella (Bacteroides) melaninogenica, Treponema denticola, Porphyromonas gingivalis, Porphyromonas endodontalis, Prevotella intermedia,” kata drg. Linus kepada Trubus.id melalui email, Kamis (17/5)

Faktor kedua yang menyebabkan bau mulut ialah mulut kering. Ketika produksi saliva atau air liur berkurang, dapat membuat mulut kering dan kemudian menimbulkan bau tidak sedap. Saliva adalah agen pembersih alami, menjaga kestabilan asam basa rongga mulut yang mengandung enzim pencernaan, enzim antibakteri, dan lain-lain.

“Saat puasa, tentu saja produksi saliva atau air liur menjadi lebih sedikit karena tidak ada stimulasi atau rangsangan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Konsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan produksi air liur menjadi berkurang,” ucap dokter gigi yang membuka praktik pribadi di Linus Boekitwetan Dental Care, Jakarta Barat ini.

Fakor ketiga penyebab bau mulut ialah makanan dan minuman yang dikonsumsi, seperti bawang, kopi, rokok, petai.

“Yang terakhir ialah seseorang yang menderita penyakit sistemik tertentu seperti diabetes, chronic sinusitis, chronic bronchitis, gastroesophageal reflux disease (GERD). Penyakit itu bisa menyebabkan bau mulut,” ujar drg. Linus

https://ramadan.trubus.id/baca/10825/terungkap-penyebab-bau-mulut-saat-puasa