Thursday, May 23, 2019

Bau Mulut Ganggu Puasa Kalian, Ini Solusinya di Trubus.id 22 Mei 2019


Trubus.id -- Secara umum, masalah yang sering terjadi selama bulan puasa adalah bau mulut tidak sedap.
"Dalam istilah medis, disebut halitosis," kata drg. Linus Boekiwetan, M. Kes, saat dihubungi Trubus.id.
Ketika seseorang melakukan puasa, produksi yang dihasilkan air liur dalam mulut berkurang. Dampaknya, mulut jadi lebih kering. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk menghilangkan bau mulut saat puasa?
"Sebenarnya, bau mulut saat menjalankan puasa tak perlu dirisaukan," jelas drg. Linus.
Oleh karena itu, drg. Linus Boekiwetan, M. Kes, memberikan tips agar Trubus Mania tidak mengalami masalah bau mulut saat menjalankan puasa.

Sikat gigi teratur
Salah satu solusi yang tepat untuk menghilangkan bau mulut saat bulan puasa.
"Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride karena bisa mencegah bau pada mulut. Jangan lupa untuk menyikat gigi setelah makan saat sahur dan malam sebelum tidur. Selain itu, gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan di antara sela gigi," ujar drg Linus.

Bersihkan lidah
Membersihkan lidah dengan lembut dua kali sehari merupakan cara efektif untuk menghilangkan bau mulut saat menjalankan ibadah puasa. Bisa menggunakan alat pembersih lidah atau sikat gigi lidah untuk menyapu sisa makanan dan juga lendir. Jangan lupa untuk membersihkan bagian belakang lidah karena di sana, banyak bakteri berkumpul.

Lepas gigi palsu
Trubus Mania yang menggunakan gigi palsu, sebaiknya lepaskan sebelum tidur dan bersihkan dengan baik sebelum dipakai kembali keesokan hari agar gigi palsu tersebut tidak menyebabkan bau mulut.

Pakai obat kumur
Ada banyak orang yang menggunakan obat kumur untuk menghilangkan bau mulut. Namun, gunakan obat kumur non alkohol.
"Obat kumur yang mengandung alkohol bisa menyebabkan rongga mulut jadi lebih kering," ujar drg. Linus.

Banyak minum air putih
Perbanyak konsumsi air putih, minimal satu liter atau delapan gelas sehari selama berbuka hingga sahur. Tidak hanya mengatasi bau mulut, cara ini bisa menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

Tidak merokok dan minum alkohol
Hindari rokok dan alkohol karena dapat memperburuk kebersihan mulut. Selain itu, alkohol berisiko mengurangi produksi air liur yang akan memperparah bau mulut.

Makan buah dan sayur
Perbanyak konsumsi buah dan sayuran menjadi salah satu cara mengatasi bau mulut saat puasa. Buah dan sayuran yang direkomendasikan untuk mengusir bau mulut ialah apel, bengkuang dan wortel.

Cek kesehatan gigi
Untuk mencegah bau mulut, jangan lupa untuk rutin mengunjungi dokter gigi setiap enam hingga 12 bulan sekali


https://life.trubus.id/baca/28734/bau-mulut-ganggu-puasa-kalian-ini-solusinya