Thursday, May 23, 2019

Trubus Mania, Ini Dia Penyebab Bau Mulut Saat Puasa di Trubus.id 22 Mei 2019



Trubus.id -- Secara umum, penyebab bau mulut saat seseorang menjalankan ibadan puasa ialah mengidap penyakit seperti ginjal, diabetes dan gangguan pencernaan. Selain itu, merokok juga bisa menyebabkan bau mulut.
Namun, ada faktor utama yang menyebabkan bau mulut ketika seseorang berpuasa. Menurut drg. Linus Boekiwetan, M. Kes yang diwawancarai Trubus.id, inilah faktor utama penyebab bau mulut.

Kebersihan gigi dan mulut
Kebersihan gigi dan mulut yang tidak baik merupakan penyebab utama bau mulut. Itu karena, semua sisa makanan menumpuk di permukaan lidah, di antara gigi, gusi, lubang pada gigi, penyakit infeksi jaringan lunak dan tulang penyangga gigi (periodontitis) dan gigi palsu lepasan yang tidak dibersihkan dengan baik.
"Semua sisa makanan yang menumpuk merupakan tempat bagi bakteri untuk berkembang biak. Biasanya, bakteri yang menyebabkan bau mulut ialah anaerob gram negatif yang melepaskan zat sulfur dan zat lainnya sehingga menimbulkan bau tak sedap, di antaranya Prevotella melaninogenica, Treponema denticola, Porphyromonas gingivalis, Porphyromonas endodontalis dan Prevotella intermedia," kata drg. Linus.

Mulut kering
Seseorang yang menjalani puasa, mulutnya akan kering karena produksi saliva atau air liur yang berkurang. Dan, mulut yang kering bisa menimbulkan bau mulut.

"Saliva adalah agen pembersih alami yang berfungsi menjaga kestabilan asam basa rongga mulut karena mengandung enzim pencernaan, enzim antibakteri dan lain," ucap drg. Linus.
Ia melanjutkan, "Saat seseorang melakukan puasa, tentu saja produksi saliva atau air liur lebih sedikit karena tidak ada stimulasi atau rangsangan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi."
Selain itu, drg. Linus juga mengatakan bahwa, konsumsi obat-obatan tertentu bisa menyebabkan produksi air liur menjadi berkurang.